RPPH KTSP Tema Lingkungan/Sub tema Keluargaku
RENCANA
KEGIATAN HARIAN
oleh: Nur Kholishotul Mujibiyah
(D98214059)
Kelompok : TK B (5-6 tahun)
Semseter/
Minggu : 1/ke-II
Tema
:
Lingkunganku/Keluargaku
Hari/Tanggal : Rabu, 19 April 2017
Aspek
Perkembangan
|
Indikator
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Metode
|
Sumber Belajar
|
NAM
|
14.
Siswa mampu berdoa sebelum melakukan kegiatan
|
I. Kegiatan Awal (4 menit)
·
Guru memberi salam dan menanyakan kabar.
·
Guru mengajak siswa membaca basmalah sebelum
belajar secara bersama-sama.
·
Guru mengajaksiswa tepu semangat secara
bersama-sama.
·
Siswa duduk melingkar dan guru menjelaskan tema
yang akan di pelajari.
|
Demonstrasi
|
Guru
|
SOSIAL EMOSIONAL
|
12.
Siswa antusias ketika melaksanakan kegiatan
|
II. Kegiatan Inti (12 menit)
·
Guru memberikan intruksi kepada siswa untuk saling
berpasangan dan saling bercerita anggota keluarga.
·
Siswa menempati tempat yang telah disediakan guru
untuk melakukan kegiatan gerak dan lagu yang berjudul “jari-jari keluargaku”.
Ø Guru mengajak
anak-anak untuk bernyanyi dengan melihat, bergerak, mendengarkan dan
menirukan vidio tentang keluargaku
|
Demonstrasi
|
Guru dan siswa
Lcd, Sound
|
FISIK MOTORIK
|
1.
Menirukan gerakan jari yang diperumpamakan
keluarga
|
·
Guru mengulang kembali gerak lagu yang telah
dilihat anak tanpa menggunakan vidio dengan menunjuk salah satu siswa untuk
memimpin teman-temanya didepan.
·
Siswa mengambil kartu yang telah disediakan
dibawah tempat duduk dan menyimpanya.
|
Demonstrasi
|
Guru dan siswa
Gambar keluarga (ayah, ibu, kakak, dan
adik)
|
FISIK MOTORIK HALUS
|
24.
Menggambar bebas dengan berbagai media (kapur
tulis, crayon, pensil warna, spidol, daan pensil) dengan rapi
|
·
Guru mengajak siswa duduk melingkar.
·
Guru menunjukan gambar yang
didalamnya terdapat gambar ayah ibu kakak dan adik, kemudian siswa menebak
gambar yang ditunjukan.
·
Guru memberi penjelasan terkait kegiatanan yang
akan dilaksanakan
Ø Siswa
berkumpul sesuai dengan kartu yang siswa dapatkan.
Ø Guru
membagikan LK dan alat untuk menggambar anggota keluarga.
Ø Siswa
melakukan kegiatan menggambar.
Ø Setelah selsai
menggambar, masing-masing hasil karya siswa ditempel di depan kelas.
|
Demonstrasi
Penugasan
|
Guru dan siswa
Lembar kerja dan alat menggambar
|
BAHASA
|
12.
Siswa dapat menjawab pertanyaan informasi
sederhana
|
III. Kegiatan Pnutup (4 menit)
·
Guru menugaskan kepada perwakilan masing-masing
kelompok untuk menceritakan kegiatan yang dilakukan dalam 1 hari,
·
Guru memberitahukan kepada siswa kegiatan
berikutnya membuat amplop
|
Demonstrasi
|
Siswa
|
NAM
|
15.
Siswa mampu berdoa sesudah melakukan kegiatan
|
·
Guru mengajak siswa membaca doa kepada kedua orang
tua
|
Demonstrasi
|
Guru dan siswa
|
Surabaya,
19 April 2017
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas
Hernik Farisia, M.Pd.I Nur Kholishotul Mujibiyah
INSTRUMEN
PENILALIAN PERKEMBANGAN ANAK
Tema/Sub
tema : Lingkunganku/Keluargaku
1.
Aspek
perkembangan yang akan dinilai dalam instrumen penilaian
Aspek
|
Teknik penilaian
|
Bentuk penilaian
|
Intrumen penilaian
|
Bentuk instrumen penilaian
|
SOSIAL
EMOSIONAL
|
Non tes
|
Hasil
observasi
|
Rubrik
penilaian observasi
|
caklhist
|
FISIK MOTORIK
HALUS
|
Non tes
|
Hasil karya
|
Rubrik
penilaian hasil karya
|
Rating scale
|
2.
Rubrik
penilaian
Indikator:
12.
Siswa antusias ketika melaksanakan kegiatan
No
|
Aspek
|
Deskriptor
|
|
YA
|
TIDAK
|
||
1
|
Anak mampu menirukan geran dan
bernyanyi sesuai irama
|
Jika anak mampu menirukan gerak dan
lagu
|
Anak belum bisa menirukan gerak dan
lagu
|
Indikator:
24. Menggambar bebas dengan berbagai media (kapur tulis, crayon, pensil warna,
spidol, dan pensil) dengan rapi
No
|
Aspek
|
Skor
|
||
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kreativitas
|
Siswa mampu
menggambar dengan variasi warna, variasi alat pilahan alat dan interpretasi
gambar sesuai dengan tema.
|
Siswa mampu
memenuhi 2 kriteria dari aspek kreativitas.
|
Siswa mampu
memenuhi 1 kriteria dari aspek
kreativitas.
|
3.
Format
penilaian
a.
Kegiatan
menggambar (aspek fisik motorik halus)
No
|
Nama siswa
|
Aspek Penilaian
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
keindahan
|
||||
1
|
Radinna Fillah A.
|
|||
2
|
Refidah Ariyanti
|
|||
3
|
Selvia Mega Lestri
|
|||
4
|
Fajar kurniawati
|
|||
5
|
Venty Nora A
|
|||
6
|
Zidni Ilmaya
|
|||
7
|
Nadiyatul Karimah
|
|||
8
|
Nur Hamida Hanim
|
|||
9
|
Rizka Isnaini Putri
|
|||
10
|
Alfiatul Izzati Irawan
|
|||
11
|
Zia Anggraini
|
|||
12
|
Mawadah Nur Ainiyah
|
b.
Kegiatan
menirukan gerak dan lagu
No
|
NAMA
|
Apek Penilaian
|
|
Anak mampu menirukan geran dan bernyanyi sesuai
irama
|
|||
YA
|
TIDAK
|
||
1
|
Radinna Fillah A.
|
||
2
|
Refidah Ariyanti
|
||
3
|
Selvia Mega Lestari
|
||
4
|
Fajar karuniawati
|
||
5
|
Zidni Ilmaya
|
||
6
|
Nadiyatul Karimah
|
||
7
|
Nur Hamidah Hanim
|
||
8
|
Rizka Isnaini Putri
|
||
9
|
Alfiatul Izzati Irawan
|
||
10
|
Zia Anggraini
|
||
11
|
Mawaddah Nur Ainiyah
|
||
12
|
Venty Nora Ayuniari
|
Komentar
Posting Komentar