RPPH KTSP Tema Lingkungan/Sub tema Keluargaku

RENCANA KEGIATAN HARIAN
oleh: Nur Kholishotul Mujibiyah
(D98214059)


Kelompok                  : TK B (5-6 tahun)
Semseter/ Minggu      : 1/ke-II
Tema                          : Lingkunganku/Keluargaku
Hari/Tanggal             : Rabu, 19 April 2017
Aspek Perkembangan
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Metode
Sumber Belajar
NAM
14.  Siswa mampu berdoa sebelum melakukan kegiatan
I. Kegiatan Awal (4 menit)
·         Guru memberi salam dan menanyakan kabar.
·         Guru mengajak siswa membaca basmalah sebelum belajar secara bersama-sama.
·         Guru mengajaksiswa tepu semangat secara bersama-sama.
·         Siswa duduk melingkar dan guru menjelaskan tema yang akan di pelajari.
Demonstrasi
Guru
SOSIAL EMOSIONAL
12.  Siswa antusias ketika melaksanakan kegiatan
II. Kegiatan Inti (12 menit)
·         Guru memberikan intruksi kepada siswa untuk saling berpasangan dan saling bercerita anggota keluarga.
·         Siswa menempati tempat yang telah disediakan guru untuk melakukan kegiatan gerak dan lagu yang berjudul “jari-jari keluargaku”.
Ø  Guru mengajak anak-anak untuk bernyanyi dengan melihat, bergerak, mendengarkan dan menirukan vidio tentang keluargaku
Demonstrasi
Guru dan siswa



Lcd, Sound
FISIK MOTORIK
1.      Menirukan gerakan jari yang diperumpamakan keluarga
·         Guru mengulang kembali gerak lagu yang telah dilihat anak tanpa menggunakan vidio dengan menunjuk salah satu siswa untuk memimpin teman-temanya didepan.
·         Siswa mengambil kartu yang telah disediakan dibawah tempat duduk dan menyimpanya.
Demonstrasi
Guru dan siswa







Gambar keluarga (ayah, ibu, kakak, dan adik)

FISIK MOTORIK HALUS
24.  Menggambar bebas dengan berbagai media (kapur tulis, crayon, pensil warna, spidol, daan pensil) dengan rapi
·         Guru mengajak siswa duduk melingkar.
·         Guru menunjukan gambar yang didalamnya terdapat gambar ayah ibu kakak dan adik, kemudian siswa menebak gambar yang ditunjukan.
·         Guru memberi penjelasan terkait kegiatanan yang akan dilaksanakan
Ø  Siswa berkumpul sesuai dengan kartu yang siswa dapatkan.
Ø  Guru membagikan LK dan alat untuk menggambar anggota keluarga.
Ø  Siswa melakukan kegiatan menggambar.
Ø  Setelah selsai menggambar, masing-masing hasil karya siswa ditempel di depan kelas.

Demonstrasi





Penugasan
Guru dan siswa





Lembar kerja dan alat menggambar

BAHASA
12.  Siswa dapat menjawab pertanyaan informasi sederhana
III. Kegiatan Pnutup (4 menit)
·         Guru menugaskan kepada perwakilan masing-masing kelompok untuk menceritakan kegiatan yang dilakukan dalam 1 hari,
·         Guru memberitahukan kepada siswa kegiatan berikutnya membuat amplop
Demonstrasi
Siswa

NAM
15.  Siswa mampu berdoa sesudah melakukan kegiatan
·         Guru mengajak siswa membaca doa kepada kedua orang tua
Demonstrasi
Guru dan siswa
 Surabaya, 19 April 2017
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                                          Guru Kelas

 Hernik Farisia, M.Pd.I                                                                                Nur Kholishotul Mujibiyah





INSTRUMEN PENILALIAN PERKEMBANGAN ANAK
Tema/Sub tema         : Lingkunganku/Keluargaku
1.      Aspek perkembangan yang akan dinilai dalam instrumen penilaian
Aspek

Teknik penilaian
Bentuk penilaian
Intrumen penilaian
Bentuk instrumen penilaian
SOSIAL EMOSIONAL


Non tes
Hasil observasi
Rubrik penilaian observasi
caklhist
FISIK MOTORIK HALUS
Non tes
Hasil karya
Rubrik penilaian hasil karya
Rating scale

2.      Rubrik penilaian
Indikator: 12. Siswa antusias ketika melaksanakan kegiatan
No
Aspek
Deskriptor
YA
TIDAK
1
Anak mampu menirukan geran dan bernyanyi sesuai irama
Jika anak mampu menirukan gerak dan lagu
Anak belum bisa menirukan gerak dan lagu

Indikator: 24. Menggambar bebas dengan berbagai media (kapur tulis, crayon, pensil warna, spidol, dan pensil) dengan rapi
No
Aspek
Skor
3
2
1
1
Kreativitas
Siswa mampu menggambar dengan variasi warna, variasi alat pilahan alat dan interpretasi gambar sesuai dengan tema.
Siswa mampu memenuhi 2 kriteria dari aspek kreativitas.
Siswa mampu memenuhi 1  kriteria dari aspek kreativitas.

3.      Format penilaian
a.      Kegiatan menggambar (aspek fisik motorik halus)
No
Nama siswa
Aspek Penilaian
Jumlah skor
Nilai
keindahan
1
Radinna Fillah A.



2
Refidah Ariyanti



3
Selvia Mega Lestri



4
Fajar kurniawati



5
Venty Nora A



6
Zidni Ilmaya



7
Nadiyatul Karimah



8
Nur Hamida Hanim



9
Rizka Isnaini Putri



10
Alfiatul Izzati Irawan



11
Zia Anggraini



12
Mawadah Nur Ainiyah













b.      Kegiatan menirukan gerak dan lagu
No
NAMA
Apek Penilaian
Anak mampu menirukan geran dan bernyanyi sesuai irama
YA
TIDAK
1
Radinna Fillah A.


2
Refidah Ariyanti


3
Selvia Mega Lestari


4
Fajar karuniawati


5
Zidni Ilmaya


6
Nadiyatul Karimah


7
Nur Hamidah Hanim


8
Rizka Isnaini Putri


9
Alfiatul Izzati Irawan


10
Zia Anggraini


11
Mawaddah Nur Ainiyah


12
Venty Nora Ayuniari





Komentar

Postingan Populer