RPPH K13 TEMA PROFESI/SUB TEMA KOKI
RANCANGAN PERENCANAAN
PEMBELAJARAN HARIAN
Model
Pembelajaran : Sudut
Hari, Tanggal : Rabu, 3 Mei 2017
Kelompok / Usia : B / 5-6 tahun
Tema / Sub Tema : Pekerjaan / Koki
A.
Kompetensi Inti, Lingkup
Perkembangan, Kompetensi Dasar, STTPA dan Indikator
No.
|
Kompetensi
Inti
|
Lingkup
Perkembangan
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
1.
|
KI-1 Menerima ajaran agama yang dianutnya.
|
Nilai Agama dan Moral
|
1.2 Menghargai lingkungan sekitar dengan rasa
syukur.
|
1.2.2 Siswa terbiasa berdoa sebelum dan sesudah
melakukan kegiatan.
|
2.
|
KI-2 Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin
tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu
menghargai dan toleran kepada orang lain, mampu menyesuaikan diri, jujur,
rendah hati dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik dan
teman.
|
Sosial Emosional
|
2.5 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap
percaya diri.
|
2.5.1 Siswa mampu menunjukkan kebanggaan terhadap
hasil karyanya.
|
3.
|
KI-3 Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik,
lingkungan sekitar, agama, teknologi, seni dan budaya di rumah, tempat
bermain dan satuan PAUD dengan cara: mengamati dengan indera (melihat,
mendengar, menghidung, merasa, meraba); mengumpulkan informasi; menalar; dan
mengomunikasikan melalui kegiatan bermain.
|
Kognitif
|
3.3 Mengenal anggota tubuh, fungsi dan gerakannya
untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus.
|
3.3.11 Siswa mampu mengekspresikan gerakan dengan
iringan musik lagu.
|
4.
|
KI-4 Menunjukkan yang diketahui, dirasakan,
dibutuhkan dan dipikirkan melalui bahasa musik, gerakan dan karya secara
produktif dan kreatif serta mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia.
|
Fisik Motorik
|
4.3 Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan
motorik kasar dan halus.
|
4.3.37 Menciptakan berbagai bentuk yang
menggunakan playdough/ tanah liat/ pasir, dll.
|
|
|
Bahasa
|
4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif
(mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal).
|
4.11.16 Menceritakan pengalaman atau kejadian
secara sederhana.
|
|
|
|
|
4.11.29 Menghubungkan gambar / benda dengan kata
|
B.
Materi dalam kegiatan
1. Gerak
dan lagu “Dudidudidam-dam”.
2. Berdoa
sebelum dan sesudah kegiatan.
3. Membuat
kue dari playdough.
4. Menceritakan
kegiatan yang sudah dikerjakan secara berpasangan.
5. Menghubungkan
gambar benda dengan nama benda.
C.
Materi dalam pembiasaan
1. Mengucapkan
salam pada kegiatan awal dan akhir dalam SOP pembukaan dan penutup.
2. Berdoa
sebelum dan sesudah kegiatan dalam SOP pembukaan dan penutup.
3. Mencuci
tangan setelah kegiatan dalam SOP istirahat.
D.
Alat dan bahan
1. Playdough
2. Cetakan
kue
3. Cup
4. Panci
5. Wajan
6. Sutil
7. Pisau
E.
Kegiatan belajar
No.
|
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Metode
|
Sumber, Alat dan Bahan
|
1.
|
Pembukaan
|
Ø Siswa
berbaris sebelum melakukan kegiatan.
Ø Guru
dan siswa bersama-sama melakukan gerak dan lagu “Dudidudidam”
Ø Guru
dan siswa berdoa sebelum kegiatan.
Ø Guru
menjelaskan tema.
Ø Guru
menjelaskan sudut dan kegiatan yang akan dilakukan.
|
4’
|
Bercakap-cakap dan Demonstrasi
|
LCD
Laptop
Speaker
Video lagu memasak
|
2.
|
Inti
|
a. Sudut
kehidupan praktis
Ø Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran di sudut kehidupan praktis.
Ø Guru
memberikan instruksi cara membuat kue.
Ø Guru
memberikan instruksi anak untuk mencoba secara mandiri.
Ø Siswa
mencuci tangan secara bergantian setelah kegiatan di sudut kehidupan praktis.
|
7’
|
|
Playdough
|
b. Sudut
Bahasa
Ø Guru
menjelaskan peralatan memasak yang telah dibawa.
Ø Siswa
menebak peralatan memasak yang dibawa oleh guru.
Ø Guru
memberikan instruksi kepada siswa untuk saling berpasangan menceritakan
kegiatan yang telah dilakukan.
Ø Guru
memberikan penguatan tentang peralatan memasak.
Ø Guru
menjelaskan dan memberikan instruksi untuk tugas LK.
Ø Siswa
bersama-sama menempel LK yang telah dikerjakan.
|
5’
|
Bercakap-cakap dan penugasan
|
Wajan
Pisau
Panci
Sutil
Cetakan kue
LK
Penggaris
Roti
Pensil
|
||
3.
|
Kegiatan Penutup
|
Ø Guru
menunjuk salah satu siswa untuk menceritakan kegiatan selama satu hari.
Ø Guru
memberikan reward.
Ø Guru
dan siswa bersama-sama berdoa sebelum pulang.
Ø Guru
memberikan motivasi pada siswa untuk semangat belajar esok hari dan menjelaskan
pembelajaran esok hari.
Ø Guru
mengucapkan salam dan siswa menjawab salam.
|
4’
|
Bercakap-cakap
|
|
F.
Penilaian
No.
|
Lingkup Perkembangan
|
Indikator
|
Bentuk Penilaian
|
Teknik Penilaian
|
1.
|
Fisik
Motorik
|
4.3.37
Menciptakan berbagai bentuk yang menggunakan playdough/ tanah liat/ pasir,
dll.
|
Penilaian
hasil karya
|
Rating
Scale
|
2.
|
Bahasa
|
4.11.29
Menghubungkan gambar / benda dengan kata
|
Penilaian
Penugasan
|
Rating
Scale
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Kelas
Hernik Farisia, M.Pd.I Nur
Kholishotul M
Komentar
Posting Komentar