RPPH K13 TEMA PROFESI/SUB TEMA KOKI



RANCANGAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN HARIAN

Model Pembelajaran   : Sudut
Hari, Tanggal              : Rabu, 3 Mei 2017
Kelompok / Usia         : B / 5-6 tahun
Tema / Sub Tema        : Pekerjaan / Koki

A.  Kompetensi Inti, Lingkup Perkembangan, Kompetensi Dasar, STTPA dan Indikator
No.
Kompetensi Inti
Lingkup Perkembangan
Kompetensi Dasar
Indikator
1.
KI-1 Menerima ajaran agama yang dianutnya.
Nilai Agama dan Moral
1.2 Menghargai lingkungan sekitar dengan rasa syukur.
1.2.2 Siswa terbiasa berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan.
2.
KI-2 Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu menghargai dan toleran kepada orang lain, mampu menyesuaikan diri, jujur, rendah hati dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik dan teman.
Sosial Emosional
2.5 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri.
2.5.1 Siswa mampu menunjukkan kebanggaan terhadap hasil karyanya.
3.
KI-3 Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik, lingkungan sekitar, agama, teknologi, seni dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUD dengan cara: mengamati dengan indera (melihat, mendengar, menghidung, merasa, meraba); mengumpulkan informasi; menalar; dan mengomunikasikan melalui kegiatan bermain.
Kognitif
3.3 Mengenal anggota tubuh, fungsi dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus.
3.3.11 Siswa mampu mengekspresikan gerakan dengan iringan musik lagu.
4.
KI-4 Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan dan dipikirkan melalui bahasa musik, gerakan dan karya secara produktif dan kreatif serta mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia.
Fisik Motorik
4.3 Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus.
4.3.37 Menciptakan berbagai bentuk yang menggunakan playdough/ tanah liat/ pasir, dll.


Bahasa
4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal).
4.11.16 Menceritakan pengalaman atau kejadian secara sederhana.




4.11.29 Menghubungkan gambar / benda dengan kata

B.  Materi dalam kegiatan
1.    Gerak dan lagu “Dudidudidam-dam”.
2.    Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan.
3.    Membuat kue dari playdough.
4.    Menceritakan kegiatan yang sudah dikerjakan secara berpasangan.
5.    Menghubungkan gambar benda dengan nama benda.
C.  Materi dalam pembiasaan
1.    Mengucapkan salam pada kegiatan awal dan akhir dalam SOP pembukaan dan penutup.
2.    Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan dalam SOP pembukaan dan penutup.
3.    Mencuci tangan setelah kegiatan dalam SOP istirahat.
D.  Alat dan bahan
1.    Playdough
2.    Cetakan kue
3.    Cup
4.    Panci
5.    Wajan
6.    Sutil
7.    Pisau
E.  Kegiatan belajar
No.

Kegiatan Belajar
Waktu
Metode
Sumber, Alat dan Bahan
1.
Pembukaan
Ø  Siswa berbaris sebelum melakukan kegiatan.
Ø  Guru dan siswa bersama-sama melakukan gerak dan lagu “Dudidudidam”
Ø  Guru dan siswa berdoa sebelum kegiatan.
Ø  Guru menjelaskan tema.
Ø  Guru menjelaskan sudut dan kegiatan yang akan dilakukan.
4’
Bercakap-cakap dan Demonstrasi
LCD
Laptop
Speaker
Video lagu memasak
2.
Inti
a.  Sudut kehidupan praktis
Ø Guru menjelaskan tujuan pembelajaran di sudut kehidupan praktis.
Ø Guru memberikan instruksi cara membuat kue.
Ø Guru memberikan instruksi anak untuk mencoba secara mandiri.
Ø Siswa mencuci tangan secara bergantian setelah kegiatan di sudut kehidupan praktis.
7’

Playdough
b.  Sudut Bahasa
Ø Guru menjelaskan peralatan memasak yang telah dibawa.
Ø Siswa menebak peralatan memasak yang dibawa oleh guru.
Ø Guru memberikan instruksi kepada siswa untuk saling berpasangan menceritakan kegiatan yang telah dilakukan.
Ø Guru memberikan penguatan tentang peralatan memasak.
Ø Guru menjelaskan dan memberikan instruksi untuk tugas LK.
Ø Siswa bersama-sama menempel LK yang telah dikerjakan.
5’
Bercakap-cakap dan penugasan
Wajan
Pisau
Panci
Sutil
Cetakan kue
LK
Penggaris
Roti
Pensil
3.
Kegiatan Penutup
Ø  Guru menunjuk salah satu siswa untuk menceritakan kegiatan selama satu hari.
Ø  Guru memberikan reward.
Ø  Guru dan siswa bersama-sama berdoa sebelum pulang.
Ø  Guru memberikan motivasi pada siswa untuk semangat belajar esok hari dan menjelaskan pembelajaran esok hari.
Ø  Guru mengucapkan salam dan siswa menjawab salam.
4’
Bercakap-cakap


F.   Penilaian
No.
Lingkup Perkembangan
Indikator
Bentuk Penilaian
Teknik Penilaian
1.
Fisik Motorik
4.3.37 Menciptakan berbagai bentuk yang menggunakan playdough/ tanah liat/ pasir, dll.
Penilaian hasil karya
Rating Scale
2.
Bahasa
4.11.29 Menghubungkan gambar / benda dengan kata
Penilaian Penugasan
Rating Scale

Mengetahui,
Kepala  Sekolah                                                                                              Guru Kelas


Hernik Farisia, M.Pd.I                                                                                    Nur Kholishotul M


Komentar

Postingan Populer