Prinsip Realitas menejemen PAUD(Kelompok Bermain)



Menejemen penyelenggaran pendidikan TK/PAUD harus didasarkan pada komitmen pendidik (guru), orang tua dan penyelenggara agar tujuan pendidikan lembaga yang bermuara pada optimalisasi tumbuh kembang anak dapat berkembang secara maksimal. Makna komitmen ini lebih tertuju pada adanya suatu kemauan, tekad, keinginan serta kemampuan pendidik, orang tua, dan penyelenggara untuk mewujudkan suatu situasi pendidikan yang akan memilki dampak terhadap terjadinya optimalisasi perkembangan tumbuh kembang anak. Dengan demikian, suatu komitmen itu menjadi landasan utama serta prinsip dasar dalam menyelenggarakan lembaga pendidikan PAUD. Komitemen bisa juga merupakan suatu kesadaran yang mendalam bahwa penyelenggaraan pendidikan di PAUD itu merupakan suatu pondasi utama dalam memberikan warna serta terbentuknya unsur-unsur dasar kepribadian anak. Kesadaran itu tumbuh sebagai bentuk pemahan kelilmuan dan praktis pendidikan di PAUD. Sesuai dengan perkembangan anak yang berada pada masa imitasi maka hguru sepenuhnya menjadi suri tauladan atau contoh. Jika guru memberikan contoh yang salah maka anak usia dini akan menganggapnya selalu benar sehingga guru akan menjadi pewarna yang dominan dalam mengisi aspek kpribadian anak. Dari contoh tersebut terlihat nyata bahwa suatu komitmen menjadi sebuah prinsip bahwasanya seorang pendidik atau guru harus menanamkan pada diri kepada suatu lembaga yang didalamnya terdapat peserta didik serta sandang profesi sebgai guru perlu tertata dan mampu melaksanakan suatu komitmen sabagai seorang pendidik. Begitupula dengan orang tua peserta didik memiliki sebuah komitmen dalam  mendampingi putra-putrinya.


























Komentar

Postingan Populer